Kandungan Kimia dan Manfaat Akar Alang-alang (ilalang) Bagi Kesehatan

manfaat akar alang-alangSaya yakin tanaman alang-alang (ilalang) sudah tidak asing lagi bagi kita, bahkan kita sudah mengenalnya jauh hari semasa kita masih kecil tatkala kita bermain bersama teman-teman baik itu di pekarangan rumah, pinggiran pesawahan atau ladang. Sekilas tanaman alang-alang hanyalah sebuah tanaman yang tidak berguna (gulma) dan hanya menuh-menuhin lahan saja. Tapi tahukah anda bahwa khasiat dan manfaat akar alang-alang bagi kesehatan bisa diterapkan dalam pengobatan. Nama ilmiah atau nama latin tanaman alang-alang adalah Imperata cylindrical, namun selain itu tanaman alang-alang juga mempunyai nama-nama daerah yang berbeda. Orang-orang Sumatra pada umumnya mengenal tanaman alang-alang dengan sebutan Laturui, di daerah jawa barat (Sunda) lebih dikenal dengan sebutan tangkal eurih, di jawa orang menyebutnya lagangan, kambengan atau alang-alang saja, dan masih banyak lagi nama-nama daerah lainnya.

Ciri-ciri tanaman alang-alang

Meskipun tanaman ini sudah tidak asing lagi bagi kita tapi mungkin bagi sebagian kalangan tanaman ini ada yang tidak tau bahkan belum pernah melihatnya, sebelum menggali manfaat akar alang-alang sebagan tanaman obat saya akan menguraikan sedikit gambaran dan ciri-ciri tanaman akar alang-alang bagi mereka yang belum tau. Secara fisik tanaman akar alang-alang termasuk ke dalam bangsa rumput-rumputan, tumbuh merayap di tanah. Sifat tanaman alang-alang adalah tanaman ini tidak suka tumbuh lahan-lahan yang gersang serta banyak bebatuan, tanaman rumput ini lebih menyukai hidup di lahan-lahan yang subur baik itu lahan yang lembab atau kering. Di alam bebas tanaman ini tumbuh pada ketinggian 2700 m di atas permukaan laut, biasanya tumbuh liar di lahan-lahan kosong, pingir-pingir jalan, pinggir pesawahan dan ladang yaitu tempat-tempat yang mendapatkan suplai sinar matahari banyak.

  • Daun alang-alang

Daun tanaman alang-alang memiliki bentuk memanjang seperti pita dan berjenis tunggal, pangkalnya saling menutup. Daun alang-alang memiliki warana hijau ada juga yang kemerah-merahan jika umurnya sudah tua, ujung daun runcing dan tajam serta berdiri tegak dan kasar, harus hati-hati jika kita mendekat dan bersentuhan dengan tanaman ini karena daunnya bisa melukai kulit kita dan timbul rasa gatal.

  • Bunga alang-alang

Bunga tanaman alang-alang mempunyai susunan bulir yang majemuk serta agak memguncup, panjang daun bisa tumbuh dari 6 – 28 cm. Di dalam setiap cabangnya terdiri dari 2 bulir.

  • Tangkai alang-alang

Tangkai bunga alang-alang biasanya mempunyai diameter tangkai 1 – 3 mm, pada bagian kepala putik memiliki bentuk menyerupai bulu ayam.

Kandungan kimia akar alang-alang

akar alang-alangManfaat akar alang-alang sebagai tanaman obat herbal alami bukanlah suatu kebetulan semata, seperti halnya tanaman adas dan tanaman akar wangi menurut hasil penelitian para ahli tanaman, ada banyak kandungan kimiawi yang terdapat di dalam akar dan batang tanaman alang-alang. Tanaman rumput ini memiliki kandungan glukosa, mengandung malic acid, terdapat kandungan citric acid. Selain itu pada akar alang-alang juga terdapat kandungan kimia coixol, arundoin, cylindrin, fermenol, simiarenol serta kandungan anemonin. Bagian tanaman alang-alang yang sering diperginakan untuk pengobatan adalah bagaian akar(rimpang), bagian daun serta bagian bunganya.

Penyakit-penyakit yang dapat diobati dengan manfaat akar alang-alang

Manfaat akar alang-alang banyak dipergunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, dinataranya adalah untuk meluruhkan air seni hal ini dikarenakan akar alang-alang bersifat deuretik. Fungsi akar alang-alang yang lain adalah sebagai obat untuk membersihkan darah kotor, membantu meghentikan terjadinya pendarahan serta sebagai penambah nafsu makan. Akar tanaman alang-alang juga bermanfaat untuk mengobati penyakit kelamin seperti kencing keluar nanah atau penyakit raja singa. Bagian akar tanaman ini juga berguna untuk membantu mengobati penyakit ginjal, penyakit tekanan darah tinggi, serta mengobati luka

Cara mengolah manfaat akar alang-alang sebagai obat

  • Manfaat akar alang-alang sebagai obat untuk meluruhkan air seni

Siapkan 40 sembalan rimpang alang-lang yang sudah kering kemudian dipotong kecil-kecil. Rebus rimpang yang sudah dipotong-potong tsb dengan air bersih sebanyak 2 gelas, tunggu dan biarkan rebusan mendidih hingga air rebusan tersisa menjadi 1 gelas. Kemudian angkat dan dinginkan kemudian saring ampasnya. Minumlah secara rutin 2 kali sehari untuk mendapatkan khasiat dan manfaat akar alang-alang sebagai obat peluruh air seni.

  • Manfaat akar alang-alang sebagai obat penyakit kencing berdarah

Siapkan akar segar akar alang-alang sebanyak kira-kira 100 gram, cuci dan bersihkan akar sampai benar-benar bersih. Rebuslah dengan 2 gelas air bersih, tunggu mendidih hingga air rebusan tersisa setengahnya. Keemudian angkat dan dinginkan, saring air rebusan akar alang-alang untuk memisahkan ampasnya.  Minumlah secara rutin 2 kali sehari untuk mendapatkan manfaat akar alang-alang sebagai obat kencing darah.

  • Manfaat akar alang-alang sebagai obat penyakit ginjal akut

Siapkan akar alang-alang yang segar sebanyak 60 – 120 gram, potong-potong akar menjadi ukuran kecil, lalu cuci dan bersihkan sampai benar-benar bersih. Rebuslah akar dengan air bersih sebanyak 3 gelas. Tunggu dan biarkan rebusan mendidih hingga air tersisa menjadi 1 gelas. Kemudian angkat dan dinginkan air rebusan dan saringlah untuk memisahkan ampas. Minumlah secara rutin 2 kali sehari untuk mendapatkan khasiat dan manfaat akar alang-alang sebagai obat penyakit ginjal akut.

No comments yet.

Leave a Reply

css.php